BUPATI CIREBON MELAKUKAN PENANAMAN POHON

dalamBupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM. M.Si beserta Wakil Bupati Cirebon H. Tasiya Soemadi melakukan penanaman pohon di sekitar Lapangan Ranggajati Sumber, Selasa (02/12/2014).

 Kegiatan ini merupakan gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun  2014.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, Penanaman pohon ini juga dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Ketua Dharma Wanita Persatuan serta diikuti oleh Muspida, para Asisten Sekda Kabupaten Cirebon, Kepala OPD, Kabag dan Camat se-Kabupaten Cirebon serta LSM bidang lingkungan.

Kabag SDA Setda Kabupaten Cirebon H. Sucipto menyampaikan penanaman pohon ini bertujuan sebagai momentum dan langkah awal dalam memanfaatkan lahan terbuka hijau dan juga untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global. Juga Dapat memberikan manfaat, motivasi dan meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pemanfaatan lahan terbuka hijau.

Dalam sambutan tertulis, Bupati Cirebon mengajak kepada semua untuk meningkatkan  kepedulian dan rasa memiliki atas kondisi dan keberadaan lingkungan di sekitar kita, karena pada dasarnya kepedulian terhadap lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Sebagai wujud kepedulian pada kelestarian alam dan lingkungan, Pemerintah Daerah yang didukung oleh pemangku kepentingan serta masyarakat Kabupaten Cirebon setiap tahunnya berupaya melakukan kegiatan penanaman pohon, guna mengurangi polusi udara dan mencegah banjir serta longsor di wilayah Kabupaten Cirebon.

Disamping itu dalam upaya mendorong dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam dan lingkungannya, juga untuk membuka ruang terbuka hijau.

Bupati Cirebon memberikan beberapa pesan yakni Gerakan HMPI dan BMN Satu Milyar Pohon Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2014 merupakan momentum dan stimulan agar dapat diikuti oleh segenap pemangku kepentingan serta masyarakat Kabupaten Cirebon untuk bersama-sama melakukan penanaman dengan memanfaatkan lahan yang ada, sehingga diharapkan lahan-lahan kritis dapat berkurang; dengan adanya kegiatan Gerakan  Penanaman Satu Milyar pohon yang merupakan bagian hari dan bulan menanam nasional, dapat dijadikan sebagai kegiatan masal agar masyarakat ikut peduli pada lingkungan dan kelestarian alam sekitarnya;  keberadaan Kader Peduli Lingkungan diharapkan dapat memberikan manfaat dan motivasi serta inisiatif untuk mengelola dan memelihara lingkungan serta memberikan informasi mengenai keberadaan lingkungan di wilayahnya masing-masing. (Bens/sahidin,Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.