Bupati Cirebon Pimpin Upacara Hardiknas Tingkat Kabupaten Cirebon

IMG_1814Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015, Sabtu (02/05) yang diikuti oleh jajaran Dinas Pendidikan, para guru, pelajar, unsur TNI/Polri, Pol-PP berlangsung di Lapangan Ranggajati Sumber dengan mengusung tema ”Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”.

Tampak hadir dalam Upacara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Dudung Mulayana, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H. Mustopa, SH, Komandan Kodim 0620 Letkol Inf Aliyatin Mahmudi S.Ip, Kapolres Cirebon AKBP Chiko Ardwiatto S.IK M Hum, Muspida Kabupaten Cirebon, para Kepala OPD/Camat se-Kabupaten Cirebon dan undangan lainnya.

Dalam Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan, Bupati Cirebon menyampaikan di Hari Pendidikan ini, atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan apresiasi pada semua pihak, pada semua  pelaku  pendidikan  dimanapun  berada,  yang telah ambil peran aktif untuk mencerdaskan saudara sebangsa.

Untuk para pendidik di semua jenjang, yang telah  bekerja  keras  membangkitkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia berkarakter mulia, yang mampu meraih cita-cita dan menjadi pembelajar sepanjang   hidup,   terimalah   salam   hormat   dan apresiasi dari kita semua.

Republik tercinta  ini digagas oleh anak-anak muda terdidik dan tercerahkan. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri Bhineka yang modern. Sebuah negara yang berakarkan adat dan budaya bangsa  nusantara,  beralaskan semangat  gotong royong, tapi tetap mengedepankan dan menumbuhkembangkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagi sebuah negara modern.

Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Persinggungan dengan pendidikanlah yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui zamannya. Gagasan dan perjuangan yang membuat Indonesia dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia dan di Afrika.

Peringatan hari pendidikan tak bisa lepas  dari sosok Ki Hadjar Dewantara, yang pada tanggal 2 Mei    adalah    hari    kelahiran    Bapak    Pendidikan Indonesia itu.

Di hari Pendidikan Nasional ini, mari kita kembalikan semangat dan konsep  Ki  Hadjar  Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan.  Sebuah  wahana  belajar  yang membuat para pendidik merasakan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan. Sebuah wahana belajar yang membuat para peserta didik merasakan belajar sebagai sebuah kebahagiaan. Pendidikan sebagai sebuah kegembiraan. Pendidikan yang menumbuh- kembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan berkarakter Pancasila.

Mulai hari ini kita  harus  mengubah perspektif,  bahwa  pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan,melainkan juga urusan kita dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua.

Mari  kita  teruskan  kerja  keras,  kerja  bersama  dan kerja  sama  ini.  Semoga  Allah  SWT,  Tuhan  Yang Maha Kuasa, selalu membimbing kita agar dapat meraih dan melampauicita-cita bangsa kita tercinta.

Usai upacara Bupati Cirebon H. Sunjaya menyerahkan piagam penghargaan  secara simbolis kepada pemenang lomba tata upacara bendera tingkat SD, SMP dan SMA, lomba guru berprestasi tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, lomba guru PKn  Berkonstitusi dan lomba Desa Cerdas.(Bens/Sahidin, Diskominfo).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.