Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon Gelar Gebyar Bazar

IMG_4824Dalam rangka Memperingati Hari Koperasi yang ke-68 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015 Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon menggelar Gebyar Bazar Produk Koperasi yang diikuti oleh pelaku usaha sebanyak 100 peserta dari Gerakan Unsur Koperasi, Rabu (10/06).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala  Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon Drs. Abraham Mohammad, M.Si yang ditandai dengan Pemukulan Gong dan Pemotongan Tumpeng di halaman Dinas Koperasi dan UMKM.

Selain bazar, kegiatan HUT Koperasi juga dilaksanakan Senam Sehat Bersama Gerakan Koperasi se-Kabupaten Cirebon, penyerahan piala dan sertifikat bagi Koperasi berprestasi Tahun 2015, pemberian santunan  sebanyak 300 anak yatim dan pengundian Doorprize dan hadiah hiburan. Hal disampaikan oleh panitia pelaksana Sujono dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon.

Sujono mengatakan kegiatan ini dilaksanakan mempunyai  beberapa tujuan yakni mewujudkan Koperasi dan UMKM yang memiliki daya saing di tengah-tengah arus globalisasi pada saat ini; untuk penciptaan lapangan pekerjaan yang berkesinambungan; untuk meningkatkan kemampuan pemasaran dan akses informasi  bagi usaha Koperasi dan UMKM dan terakhir menjalin kemitraan yang saling menguntungkan antara pelaku usaha dan masyarakat.

Sementara dalam sambutan Bupati Cirebon yang dibacakan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon Drs. Abraham Mohammad, M.Si mengatakan keberadan koperasi tidak terlepas dari perannya yang telah dirasakan oleh masyarakat sebagai alternatif dan solusi dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan, sehingga  daya  beli masyarakat sebagai salah satu ukuran kesejahteraan secara bertahap dapat meningkat.

Keberadaan koperasi memiliki posisi yang sangat strategis dalam pembangunan perekonomian yang berbasis kerakyatan baik sekala lokal maupun Nasional.

Pemerintah Kabupaten Cirebon berkomitmen kuat untuk terus mendorong  bagi tumbuh dan berkembangnya koperasi dalam berbagai sektor ekonomi, terutama pada sektor produksi, konsumsi, jasa dan simpan pinjam.

Kami menyambut gembira pelaksanaan hari Koperasi yang ke-68 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015  yang diisi dengan kegiatan   gebyar bazar  dan senam sehat.

Pemerintah Daerah senantiasa mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatn koperasi dengan bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan Perekonomian Nasional terutama untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Tentunya dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan perjuangan dan keuletan dalam mengelola koperasi dengan ketekunan dan kebersmaan diharapkan koperasi dapat meningkatkan akses pasar melalui kegiatan promosi pameran, misi dagang  dan temu bisnis/perdagangan.

Dengan demikian koperasi mampu menempatkan diri sebagai sentral bisnis dan sebaliknya msyarakat dapat memandang koperasi sebagai wadah ekonomi bersama untuk membangun kekkuatan ekonomi yang dikelola bagi kepentingan dan peningkatan kesejahteran, sehingga tumbuh rasa kebersamaan dan kepemilikan sebagai pondasi kekuatan daya saing.

Dan melalui HUT Koperasi ini dapat dijadikan sebagai simbol pemersatu koperasi di Kabupaten Cirebon dan dapat menempatkan diri dalam  mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan dengan gebyar bazar ini dapat meingkatkan penggalian sumber potensi produk lokal yang mempunyai daya tarik dan daya saing sehingga dapat mendorong peningkatan dan pendapatan koperasi.

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dan sertifikat bagi Koperasi berprestasi Tahun 2015, pemberian santunan  sebanyak 300 anak yatim serta peninjauan stand bazar oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM  dan pejabat lainnya.

(Bens/Sahidin,Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.