DINAS SOSIAL BERIKAN BANTUAN STIMULAN KEPADA DISABILITAS EKS KRONIS

Dinas Sosial Kabupaten Cirebon memberikan bantuan stimulan satu pasang domba kepada Disabiltas Eks Kronis masyarakat desa di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, hari Selasa (25/11/2014).

Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Bidang Pemulihan Sosial Diding Zaenal Abidin, SE dan didampingi Sekmat Gunung Jati  dalam acara Bimbingan Sosial bagi Penyandang Disabiltas Eks Kronis.

Kepala Seksi Pemulihan Penyandang Cacat Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Drs. Edi menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan kesadaran dan tanggung jawab sosial di dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Meningkatkan rasa kepercayaan diri di dalam melaksankan fungsi sosialnya secara wajar dan bisa hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain. Memiliki kemauan dan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan Usaha Ekonomis Produktif (UEP) secara baik, benar dan layak sesuai dengan peraturan serta norma-norma kehidupan yang berlaku.

Dalam sosialiasi tersebut Sekmat Gunung Jati Hj. Wiwin Winarni, S.Sos. M.Si mengucapakan terima kasih kepada Dinas Sosial yang sangat peduli kepada warga Eks Kronis Gunung Jati, sehingga warga disini diberdayakan dengan pemberian bantuan satu pasang kambing untuk dipelihara.

Sekmat Gunung Jati mengatakan dalam bantuan tersebut meminta kepada dinas terkait agar dalam pemeliharaannya bisa dipantau untuk kelanjutannya dari program pemerintah ini.

Kepala Bidang Pemulihan Sosial Diding Zaenal Abidin, SE mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mengurangi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan memberikan bimbingan sosial, pelatihan keterampilan  dan pemberdayaan sosial kepada PMKS agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan modal usaha, sehingga diharapkan penyandang masalah sosial mampu menolong dirinya sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Dengan kegiatan bimbingan ini PMKS dapat tumbuh rasa percaya diri dengan cara memberikan bimbingan serta bantuan stimulan berupa ternak domba yang perlu mereka kelola agar berkembang, sehingga dapat dijadikan bekal hidupnya di masyarakat.

Bimbingan ini diikuti sejumlah Disabiltas Eks Kronis dengan pemateri dari Dinas Kesehatan, Distanbunakhut dan Dinas Sosial Kabupaten Cirebon. (Bens/Fais,Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.