Gebyar Penghijauan Ditutup di Desa Waled Asem Kecamatan Waled

1Bertempat di Desa Waled Asem Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon, pada hari Kamis tanggal 22 Januari 2015 telah dilaksanakan acara penutupan “Gebyar Penghijauan dalam Rangka Rintisan Pengembangan Wisata Alam dan Sejarah Bukit Manengteung (Ajimut)”. Acara yang dilaksanakan sejak tanggal 20 sampai dengan tanggal 22 Januari 2015 ini diisi dengan berbagai perlombaan, diantaranya yaitu: bazar, lomba Pildacil, mewarnai, fashion show, murratal dan sosio drama.

Lomba tersebut diikuti oleh sekolah-sekolah yag berada di sekitar Kecamatan Waled serta perwakilan sekolah-sekolah yang letaknya berdekatan dengan Kecamatan Waled, seperti: Kecamatan Karangwareng, Kecamatan Pabedilan, Kecamatan Ciledug, Kecamatan Babakan dan Kecamatan Pangenan. Acara ini dibuka oleh penampilan grup hadroh dan qasidah dari SMP Islamiyah Waled, disamping itu juga ada mobil pintar dari Kantor Perpustakaan daerah Kabupaten Cirebon yang brtujuan untuk menambah wawasan dan minat baca siswa di Desa Waled Asem Kecamatan Waled pada khususnya.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, M.M., M.Si., Camat Waled Drs. H. Abdul Latip, M.M., Muspika dan Kepala Desa se-Kecamatan Waled. Bupati Cirebon dalam sambutannya menyampaikan, bukit ajimut merupakan sejarah yang patut kita hormati dan kita kembangkan. Karena bukit ajimut adalah kebanggaan masyarakat Kabupaten Cirebon pada umumnya dan masyarakat Kecamatan Waled pada khususnya, amat sangat disayangkan bila potensi yang ada di bukit ajimut tidak dikembangkan.

Bupati merasa bangga kepada Camat Waled dan rekan-rekan Kuwu se-Kecamatan Waled telah membuat inovasi yang bagus untuk pengembangan wilayah Kecamatan Waled bahkan bukit ajimut agar bisa terus dikembangkan. Ini artinya bahwa, Camat Waled beserta kuwu saling bahu membahu saling bekerja sama untuk bisa membesarkan kecamatan waled yang dulu boleh dikatakan terisolir dan kini bisa dijadikan tempat wisata di Kabupaten Cirebon. Kita harus punya kebanggaan, dimana bukit ajimut yang sangat potensial karena mempunyai keindahan alam tetapi apabila tidak kita kembangkan, apabila kita tidak bisa besarkan dan pelihara, maka apalah artinya itu semua. Bupati juga meminta masyarakat Kecamatan Waled agar gemar membaca, maka diundanglah Perpustakaan yang ada di Kabupaten Cirebon, yang intinya bahwa masyarakat harus mau dan pandai membaca.

Sementara itu Camat Waled menuturkan bahwa gebyar penghijauan ini adalah  pembuka atau pintu gerbang sebagai fondasi rintisan pengembangan wisata alam dan wisata sejarah bukit ajimut, berkat adanya kerjasama masyarakat terutama dari komuitas pecinta alam Waled sehingga lahan yang telah tertanami seluas 2,3 hektar dari jumlah 28 hektar dengan tanaman berupa albasia, mangga, glodogan, salam dan lain-lainya atas bantuan dari Distanbunakhut Kabupaten Cirebon, sumbangan dari RSUD Waled, serta komponen lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Venue yang direncanakan dalam gebyar penghijauan ini mudah-mudahan Pak Bupati, Kepala Opd se-Kabupaten Cirebon dapat mendukung program ini sampai dengan menjadi wisata alam dan sejarah bukit ajimut yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Waled pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Cirebon pada umumnya.

 (Waled, 22/01/2015. Edy’s & Fa’iz, Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.