Gubernur Jawa Barat Resmikan Pasar Batik Trusmi Cirebon

IMG_0180Gubernur Jawa Barat DR (HC) H. Ahmad Heryawan, Lc menandatangani sejumlah Prasasti yakni Pasar Batik Trusmi, Gedung Kampus II Islamic Centre Kabupaten Cirebon dan prasasti Gedung Rawat Inap (GAKIN) RSUD Gunung Jati Kota Cirebon, Selasa (14/04/2015) yang berlokasi di Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon dalam acara Peresmian Pasar Batik Trusmi.

Didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Bupati dan Walikota Cirebon, H. Ahmad Heryawan juga secara simbolis membuka tirai papan nama pasar batik trusmi dan meninjau market review dilanjutkan mengelilingi kios batik yang berjumlah 112 kios.

Hadir dalam Peresmian tersebut Wakil Bupati Cirebon, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Muspida Plus, Ketua Deskranasda Kabupaten Cirebon, Kepala OPD se-Kabupaten Cirebon dan undangan penting lainnya.

Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisasatra, MM.,M.Si menyatakan hingga saat ini sedikitnya ada 530 unit usaha kerajinan batik di Kabupaten Cirebon dengan total tenaga kerja sebanyak 4.408 orang dan jumlah produksi 21.152 kodi kain batik/tahun dengan nilai penjualan tidak kurang dari Rp80 miliar/tahun. Bupati mengatakan Industri kerajinan batik diharapkan mampu mendorong IPM dari segi ekonomi, karena batik telah menjadi salah satu industri andalan Kabupaten Cirebhon.

Gubernur Jawa Barat  mengungkapkan sejumlah daerah di Jabar seperti Tasik, Garut, Cimahi dan Indramayu juga sedang mamacu produksi batik khas daerahnya dan nantinya bisa terpusat di Pasar Batik Trusmi sebagai tempat pemasarannya.

Gubernur menghimbau bahwa sebaiknya sambil menunggu produksi batik di sejumlah daerah besar, maka pasar batik di Kabupaten Cirebon perlu disiapkan dan dikelola dengan baik.

Gubernur juga meminta pelaku usaha industri kerajinan batik bisa merangkul kalangan akademisi agar bisa meningkatakan masalah desain motif batik dan pemasaran online sehingga daya jangkaunya bisa lebih luas dan lebih menarik.

“Sumber daya manusia desain dan pemasaran untuk kerajinan batik perlu disiapkan agar batik dari Jabar semakin dikenal dunia,” tambahnya

(Edys/sahidin/Bens/Faiz, Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.