KPU Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon

kpu_1Bertempat di Aula Hotel Aston Kabupaten Cirebon, Kamis, 2 Mei 2013 telah dilaksanakan Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cirebon. Dihadiri oleh Sekda Kabupaten Cirebon yang mewakili Bupati Cirebon, Perwakilan KPU Provinsi Jawa Barat, Ibu Iin Indah Setiawati, S.IP, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Perwakilan Polres Cirebon, Perwakilan Dandim Cirebon, Kepala OPD, Camat se- Kabupaten Cirebon, dan Perwakilan BPD desa se- Kabupaten Cirebon.

Tanpa terasa kita sudah berada di pertengahan tahun 2013, berarti Kabupaten Cirebon akan kembali melaksanakan pesta demokrasi kali kedua di era otonomi daerah. Tahun 2013 juga merupakan tahun yang akan menentukan kehidupan politik masyarakat Kabupaten Cirebon untuk masa waktu lima tahun ke depan.

Pada awalnya dengan pelaksanaan pilkada langsung banyak pengamat meramalkan bahwa dalam tataran implementasinya akan mencuatkan konflik horizontal. Secara kebetulan hal itu terjadi di beberapa daerah namun harus diakui bahwa perkembangan demokrasi di Kabupaten Cirebon telah tumbuh sangat luar biasa.

kpu_2Sekretaris Daerah, H. Dudung Mulyana bahwa ada beberapa prasyarat yang diperlukan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilukada yang berkualitas dan bermartabat. Setidaknya ada lima indikator yang harus dipenuhi untuk menuju penyelenggaraan pemilukada yang berkualitas yaitu pertama sistem pemilu yang tepat, yakni pemilu harus mencerminkan sistem yang free dan fair, kedua kelembagaan penyelenggaraan pemilu yang kredibel, ketiga terkait manajemen pemilu pada saat pelaksanaan, penghitungan suara dan pengawasan pemilu ada kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan yang kelima keberhasilan pemilukada harus tercermin dari ketertiban tanpa ada kekerasan.

Sedangkan menurut Ibu Iin Indah Setiawati perwakilan dari KPU Provinsi Jawa Barat bahwa Kabupaten Cirebon telah berhasil melaksanakan pemilihan Gubernur Jawa Barat dengan aman dan kondusif tanpa terjadi ekses, semoga di Pilkada kali ini juga dapat berhasil dengan aman tanpa terjadi ekses pula.

kpu_berita

Acara Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon Tahun 2013 berjalan sangat meriah dan sangat kondusif serta di akhiri dengan menabuh rebana yaitu menandakan bahwa Launching Pilkada telah dibuka.

(Edy n Yons – Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.