Sekda Buka Pencanangan BBGRM X Dan HKG-PKK 41

IMG_0063Sekda Kabupaten Cirebon, Drs. H. Dudung Mulyana, M.Si membuka acara  Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Mayarakat (BBGRRM) ke X dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 41 serta Temu Kader PKK Tingkat Kabupaten Cirebon di Lapangan Bola Desa Kondang Sari  Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Senin (03/07/2013), acara tersebut dihadiri ribuan kader PKK se- Kabaputen Cirebon. Dan mengambil tema “Bangkitkan Semangat Gotong Royong melalui Gerakan Pemberdayaan Keluarga Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera”.

Panitia Penyelenggara, Kepala BPMPD Kabupaten Cirebon, Hendra Nirmala, S.Sos.M.Si melaporkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut yakni meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembangunan di bidang pemasyarakatan, bidang ekonomi, sosial budaya, agama, bidang lingkungan serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa menuju perkuatan integrasi bangsa.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Hj. Sri Heviyana Supardi mengajak semua untuk merenung bahwa selama 41 Tahun gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa ternyata telah menunjukkan keberhasilan dan mendapat pengakuan serta penghargaan dari lembaga-lembaga baik nasional maupun internasional. Hal ini mengandung makna bahwa eksistensi gerakan PKK telah diakui secara meluas sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat yang merupakan mitra kerja Pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan.

Ibu hevi juga menyampaikan beberapa hal, yakni Tim Penggerak PKK perlu memahami tentang hakikat  pemberdayaan masyarakat agar bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan senantiasa berkaitan dengan aspek-aspek pemberdayaan masyarakat yang diharapkan. Tim Penggerak PKK juga perlu memahami program-program sosial dasar masyarakat agar dapat mengembangkan berbagai bentuk dan jenis kegiatan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat . Tim Penggerak PKK perlu memahami tentang menejemen pembangunan partisipatif sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat sehingga dapat mengembangkan kesejahteraan keluarga dan sikap demokrasi dalam keluarga. Keempat Jajaran penggerak PKK perlu memahami penyuluhan peran dan fungsi berbagai dinas, instansi atau lembaga pemerintahan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pemberdayaan masyarakat agar dapat berkoordinasi memajukan gerak langkah program-program pemberdayaan yang dilaksankannya.

Dalam sambutan Bupati Cirebon, Sekda H. Dudung Mulyana mengajak untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui perwujudan kesejahteraan keluarga yang mandiri dan sejahtera. Memperkokoh dan memperkuat sinergitas diantara kita, mendorong dan memotivasi seluruh masyarakat agar tetap menjunjung jatidiri bangsa Indonesia yang hidup dalam kebersamaan dan kegotong royongan serta menjadikan masyarakat yang kebih berdaya guna dalam rangka mencapai cita-cita yang kita inginkan bersama. Selain itu, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mandiri sejahtera tersebut perlu kita bangun dan bangkitkan peran aktif kader PKK dalam pembangunan yang meliputi bidang Ekonmi, Sosial Budaya dan agama serta bidang lingkungan tanpa harus mengabaikan hal-hal yang di lingkungan masyarakat terkecil yakni berkehidupan berkeluarga.

Beliau mengajak untuk bangun dalam menyongsong kehidupan masa depan yang lebih baik dengan menumbuhkembangkan keluarga sejahtera yang didasari  oleh semangat persatuan, kekeluargaan dan kebersamaan diantara kita semua.

Akhir acara, Ketua Tim Penggerak PKK memberikan Piagam Penghargaan bagi pengurus TP. PKK Kecamatan/Desa/Kelurahan dan Kader PKK.

Hadir dalam acara tersebut Muspida Kabupaten Cirebon, Kapolres, Dandim 0620, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Ketua DWP Kabupaten Cirebon, para Kepala OPD, Staf Ahli, para Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan,Tokoh Masyarakat,  Muspika dan para Kuwu se-Kecamatan Beber dan seluruh undangan lainnya.

(Bens/Yons, Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.