Sekda Buka Sosialisasi Peningkatan Produktivitas Pangan

IMG_0014Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Dudung Mulyana, M.Si membuka acara Sosialisasi Peningkatan Produktivitas Pangan melalui Revitalisasi Sistem Produksi pada hari Rabu (25/09/2013) di Apita Hotel, Jalan Tuparev Cirebon.

H. Dudung memaparkan kondisi Kabupaten Cirebon yang merupakan daerah agraris dan sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagai petani dan nelayan. Kabupaten Cirebon memiliki wilayah yang potensial di sektor pertanian termasuk perikanan, produksi pangan seperti beras, gula, garam serta aneka produk pertanian, perikanan dan kelautan lainnya.

Menyikapi kondisi yang terjadi saat ini seperti kebutuhan pangan semakin meningkat seiring jumlah penduduk semakin bertambah, sementara produktivitas dan daya dukung lahan semakin berkurang, H. Dudung mengajak kepada semua untuk melakukan revitalisasi yaitu memartabatkan diri sendiri, kelompok atau gabungan kelompok tani, pebisnis, kelembagaan pertanian dan kelembagaan lainnya agar terwujud kesejahteraan kaum tani yang semakin baik dan berkualitas karena revitalisasi merupakan upaya untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan, menjamin ketahanan pangan nasional serta mengkonservasi, merehabilitasi dan melestarikan Sumber Daya Alam.

IMG_0003Sekda menekankan beberapa hal yakni  kondisi pertanian dan  perikanan di Kabupaten Cirebon cukup potensial dan dapat dikembangkan dengan dukungan pemangku kepentingan dan segenap lapisan masyarakat. Perlu adanya keseriusan dari pemangku kepentingan untuk bersama-sama melakukan revitalisasi sarana produksi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

(Yons/Bens, Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.