Sekda Serahkan Penghargaan Penghargaan Sekolah Adiwiyata

 Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, H. Dudung Mulyana memimpin apel pagi sekaligus memberikan penghargaan kepada pemenang Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2012 pada  hari selasa (31/10/2012) di halaman Kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Cirebon.

Sekda H. Dudung yang didampingi Kepala BLHD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Cipta Karya menyerahkan plakat kepada pemenang Sekolah Adiwiyata Kategori SD, SMP dan SMA. Selain itu beliau juga secara simbolis menyerahkan bantuan stimulan berupa gerobak sampah kepada SMKN 1 Mundu, tong sampah fiber kepada SMPN 1 Weru, dan bibit tanaman kepada SDN 2 Lurah.

Untuk data pemenang Adiwiyata itu sendiri kategori SD juara terbaik I diraih SDN 2 Lurah, terbaik II diraih SDN 3 Wanasaba Kidul dan terbaik III diraih SDN 2 Kaliwedi Lor.  Sementara kategori SMP terbaik I diraih SMPN 1 Weru, terbaik II diraih SMPN 1 Palimanan dan terbaik III diraih SMPN 1 Greged. Sedangkan untuk kategori SMA terbaik I diraih SMKN 1 Mundu,  terbaik II diraih SMKN 1 Kedawung dan terbaik III diraih SMKN 1 Babakan.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa Program Adiwiyata ini merupakan kegiatan strategis Kementerian Lingkungan Hidup yang membantu pelaksanaan otonomi daerah melalui peningkatan kemampuan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup di lingkungan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Governance (Pemerintahan yang Berwibawa), khususnya di bidang lingkungan hidup atau disebut Good Environmental-Governance. Beliau juga berharap  dengan program Adiwiyata ini diharapkan dapat memicu sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Cirebon untuk tetap menjaga dan meningkatkan partisipasi semua pihak dalam pengelolaan kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Program ini dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan antara lain : kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam.

(Benandi/Edy.S, Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.