Seminar Ketahanan Keluarga

Untitled-4Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Kartini ke 136 Tahun 2015 tingkat Kabupaten Cirebon, Badan Pemberdayaan  Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) melaksanakan seminar ketahanan keluarga yang bertempat di Ruang Paseban Setda Kabupaten Cirebon pada hari Senin tanggal 20 April 2015. Pelaksanaan tersebut tertuang dalam UU RI Nomor 32 Tahun 2004, UU RI Nomor 52 Tahun 2009, Peraturan Presiden No 18 Tahun 2014  Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial dan Instruksi Presiden No 9 Tahun 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

Maksud pelaksanaan seminar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai peran perempuan dalam ketahanan keluarga, membuka wawasan mengenai pentingnya fungsi ketahanan keluarga dalam pembangunan. Peserta seminar sebanyak 125 orang terdiri dari unsur anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW, unsur PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, dan sebagai narasumber yaitu Ibu   Dra. Setiawati J Arifin, M.Sc dari Yayasan Melati Jakarta.

Sambutan pelindung GOW Kabupaten Cirebon yang dibacakan oleh Kepala BPPKB H. Supadi Priyatna, SH., M.Si., bahwa peran perempuan pada saat ini telah mengalami perkembangan khususnya di bidang ketenagakerjaan dapat dilihat bahwa perempuan sudah dapat memasuki beraneka ragaman profesi, di Kabupaten Cirebon perkiraan tingkat partisipasi angkatan kerja pada tahun 2015 sebesar 62,50 % dari jumlah perempuan, sedangkan laki-laki sebanyak 61.93% dari jumlah laki-laki. Ketahanan keluarga adalah salah suatu persoalan yang sangat penting baik bagi keluarga itu sendiri maupun terhadap pembangunan masyarakat, oleh karena itu ketahanan keluarga harus dijaga kekuatannya demi pemeliharaan kodrat dan terwujudnya fungsi keluarga . (Fa’iz & Dede, Diskominfo).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.