Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Melalui Wayang Kulit

Untuk mengingatkan kembali pada UUD.45, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, telah dilaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan pada Sabtu, 9 Juni 2012 di Stadion Ranggajati Sumber.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil MPR RI, Anggota MPR, DPR, Bupati Cirebon, Muspida Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas, Camat se-Kabupaten Cirebon dan warga sekitar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. A. Zainal Abidin Rusamsi, MM memaparkan, untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan tentunya akan diteruskan agar warga masyarakat Kabupaten Cirebon siap untuk kembali mengamalkan UUD 45, Pancasila serta tetap menjaga kerukunan dan stabilitas keamanan dengan saling menghormati sesama warganya dengan tidak melihat suku dan golongan.

Kegiatan ini terselenggara atas dasar pemikiran dari para anggota MPR/DPR dimana dirasakan nilai-nilai UUD 45, Pancasila,NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sudah sangat jarang didengar bahkan dalam dunia pendidikan, keempat pilar kebangsaan ini sudah minim terdengar, sehingga para wakil rakyat menganggap perlu untuk mengingatkan kembali dan menggelorakan, agar anak cucu penerus bangsa mengerti dan paham bahwa negara kita ini berdiri atas dasar 4 pilar tersebut yaitu, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka tunggal Ika dan akan disosialisasikan melalui audio visual berupa wayang kulit dengan dalang Ki Anom Sudarso dari Kecamatan Kapetakan.

Kegiatan tersebut diakhiri oleh pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Anom Sudarso dari Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon dengan Lakon “Gatot Kaca Sabda Guru.”

(Rully, Edy.S – Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.