Sosialisasi Program Guru Diniyah Ta’miliyah Awaliah(DTA) Tahun 2013

Untuk meningkatkan kehidupan masyarakat serta mencerdaskan kehidupan masyarakat Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Cirebon, STAI BBC Cirebon, STAI Ma’mad Ali dan STAIN Cirebon. Kerja sama tersebut dalam rangka meningkatkan mutu guru diniyah, tsanawiyah dan aliyah di lingkungan Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2013 di pendopo rumah dinas Bupati Cirebon.

Pada Kesempatan tersebut hadir para guru MTs, MI, Aliyah dan TK/TPA, pejabat Setda Kabupaten Cirebon, Unsur Muspida, Unsur Keagamaan Kabupaten Cirebon serta sejumlah undangan.

Pada kesempatan tersebut, ketua panitia, Rachmat Sutrisno pada laporannnya mengatakan  bahwa program DTA pendidikan bagi guru non formal dimaksudkan agar para guru pendidikan non formal dapat meningkatkan mutu pendidikannya sehingga mampu bersaing dengan model pendidikan yang lain dan dapat ikut serta dalam mensukseskan program wajar bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

Sedangkan Bupati Cirebon Drs.H.Dedi Supardi MM pada kesempatan tersebut mengungkapkan untuk menyelaraskan pendidikan serta mencerdaskan masyarakat Kabupaten Cirebon, maka perlu diadakan sosialisasi kepada para guru pendidik non formal sehingga dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat di kabupaten Cirebon akan seimbang dan selaras antara pendidikan formal maupun non formal. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan non formal di Kabupaten Cirebon, pemerintah mempunyai kewajiban untuk meningkatkan mutu pendidiknya sehingga para pendidik non formal akan seimbang dan selaras dengan para pendidik formal. Pada pendidikan non formal kita kenal dengan guru TPA/TQA, guru Madrasah Diniyah, MTs, aliyah dan lainnya sedangkan untuk pendidikan formalnya dari TK dan selanjutnya. Pada saat guru non formal dalam mengikuti pendidikan DTA ( Diniyah Ta’miliyah Awaliah ) untuk tingkat D1 sebanyak 400 orang dan untuk tingkat S1 sebanyak 20 orang. Ini semua merupakan modal dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat Kabupaten Cirebon dan pada saatnya nanti masyarakat Kabupaten Cirebon yang cerdas dan beriman akan segera terwujud.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian sertifikat dari 420 mahasiswa yang telah menyeleseaikan pendidikannya baik D1 maupun S1 dari 4 perguruan tinggi ( STAIN, STAI, BBC, STAI Ma’mad Ali dan UMC.

(Intan.V,Edys-Diskominfo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.